Friday 22 December 2017

#2017vibes - Cerita ke Jepang

Wah nggak kerasa ya, ternyata kita bisa hidup sampai akhir tahun 2017. Pasti lu pada punya cerita yang beda-beda kan di tahun 2017 ini. Mungkin ini tahun yang waw banget buat sebagian dari elu. Tapi mungkin buat sebagian yang lain tahun 2017 itu tahun yang biasa-biasa aja, yaaa sama lah kayak tahun-tahun yang lainnya. Jadi di sini gue cuma mau cerita dikit aja tentang beberapa hal yang gue jalanin di tahun 2017, yaa bukan bermaksud sombong atau gimana sih, tapi pengen berbagi cerita aja, itung-itung ngisi blog yang udah mau lapuk ini wkwk.

Oke, karena ada temen yang request pengen diceritain tentang gimana sih pas ke jepang kemaren, kok bisa ke sana, ngapain sih di sana, dan berbagai pertanyaan lainnya. Jadi untuk #2017vibes pertama ini gue pengen cerita tentang ‘gimana caranya gue ke Jepang’. Waktu itu gue dan dua
temen gue pengen banget ikut event di luar negri, Dirga sama Debi. Sebenernya kita pengen ikut event di luar negri itu selain karena pengen menuhin CV, juga karena pemikiran-pemikiran sedikit melenceng kayak gini ‘ih si itu udah berangkat ke luar negri, pengen ih, ga boleh kalah. Ih dia asik banget jalan-jalan ke luar negri’ dan sebagainya. Intinya mah, kita pengen ke luar negri itu gak murni karena pengen mengikuti suatu event itu, tapi karena pengen kayak orang dan pengen jalan-jalan. Oke ini gue gatau motivasinya bener dan bagus buat ditiru apa enggak haha.


Akhirnya kita bertiga plus satu anak teknik elektro membentuk tim untuk membuat karya ini. Karyanya apa? Karyanya itu semacam alat tapi masih dalam bentuk prototype (alat yang belum jadi), alat ini fungsinya buat deteksi orang yang sakit jantung. Tujuan dari kita buat alat ini sih, supaya gak ada lagi orang yang kena sakit jantung terus ga ada yang nolong gitu. Oke segitu aja penjelasan tentang alatnya, kalau mau tanya-tanya lebih lanjut mungkin bisa hubungi kami (wah sok artis bgt gue). Singkat cerita kami membuat alat itu lumayan lama sekitar 3 bulan dengan duit, keringat, dan yang jelas waktu. Waktu kami berkumpul juga tidak lama, karena banyak terpotong sama libur lebaran.

Setelah selesai libur lebaran, gue sama yang lainnya baru bisa ketemuan lagi kan, jadi baru bisa diskusi lagi di kampus. Akhirnya kita menyusun rencana pemberangkatan dengan kegiatan kuliah yang cukup padat (ujian blok, penugasan PKM, ujian OSCE, dan banyak lagi). Kalo misal gue inget-inget gimana dulu persiapannya itu… parah, gila, kayak gamau ngulangin lagi gitu :( di saat lu harus ngerelain kuliah lu buat kaya gitu rasanya gimana ya, seneng sih tapi sedih juga gitu kan kuliahnya agak terbengkalai. Tapi sebenernya kalo mau disandingin sama kuliah itu bukan tandingannya sih. Beda aja gitu. Jadi ketika nilai lu ga bagus-bagus amat tapi lu bisa maksimalin di bidang lainnya itu gapapa, menurut gue loh ya.

Oke lanjut, setelah menyusun rencana pemberangkatan, gue sama temen-temen buat passport. Sebenernya gue udah punya passport sih, jadi gue kemaren santaaaai banget, eh gak taunya passport gue masa aktifnya tinggal 4/5 bulan lagi gitu. Terus gue gatau kalo misalnya gak boleh ke luar negri kalo masa aktif passportnya kurang dari 6 bulan. Yah, gue langsung heboh ngurus deh, mana persyaratannya pake e-ktp lagi, sedangkan e-ktp gue belom jadi. Akhirnya, si babeh di rumah yang nun jauh di sana juga berjuang nih demi gue. Terharu banget dah gue sama babeh :’)

Gue sama temen-temen gue juga salah sih bikin passport nya sangat sangat amat mepet. Jadi buat temen-temen jangan dicontoh yaa… Setelah passport jadi, langsung kita ajuin ke travel agent buat ngurusin visa, karena kita lagi kuliah dan ga sempet kalo harus ke jakarta sendiri buat ngurus visa. Jadi, kalau mau bikin visa Jepang di Indonesia ini dibagi-bagi sesuai dengan domisili di KTP kita. Jadi ga harus ke embassy yang di Jakarta. Contohnya gue, KTP gue KTP kaltim, jadi ngurusnya di konsulat Jepang yang ada di Surabaya, temen gue KTP Lombok, jadi ngurusnya di konsulat Jepang Bali. Alhasil, Gue dan Debi dapet di Surabaya, Dirga di Bali, dan satu anak teknik di Medan. Untuk Surabaya dan Medan masih oke nih, karena ngurus visanya nggak rame banget katanya. Tapi kalau di Bali itu agak susah, karena Bali itu rame banget konsulatnya. Visa gue, Debi, sama temen anak teknik berhasil nih dibuat, tapi sayang banget, visanya Dirga, agak susah buat jadinya. Akhirnya kita bantuin Dirga supaya bisa buat visa ke Jepang gimana pun caranya. Dann akhirnya, sampe sekarang gue masih sedih banget si Dirga nggak ikut ke Jepang. Padahal dia yang awalnya gembar-gembor ke kita buat ke Jepang.. sedih banget sumpah :( Pelajarannya adalah, kalo lu mau ke luar negri emang harus dipersiapin banget sih. Dan harus tetep berdoa sama Allah.

Setelah visa jadi, tiket juga udah kebeli, hotel juga udah booking… booking hotel juga susah banget dah waktu itu, nyari yang murah dan enak itu susahnya minta ampun deh. Yang disuruh pake kartu kredit lah, yang kamarnya selalu habis lah, dan yang yang yang lainnya. Selain persiapan keberangkatan, kita juga ada persiapan buat presentasi, print poster, nyiapin alat yang belum jadi, dan yang terpenting adalah UJIAN OSCE. Lu bisa tanya deh ke anak-anak kesehatan gimana deg-deg annya ujian OSCE itu. Seinget gue, itu ujian OSCE gue yang persiapannya kurang banget dan pas ujian gue gak PD gitu karena belajarnya kurang wkwk. Alhasil, ujian OSCE gue ada yang gak lulus 2 stase, stase jahit luka sama stase bahan sediaan obat. Wah, sedih sih, tapi tenang, kan ada remediasi, wkwk.

Setelah melewati kejadian-kejadian yang menyedihkan, melelahkan, dan tidak jarang air mata, ceilah. Akhirnya gue dan temen-temen gue pergi ke Jepang. Rasanya tuh kaya lu lagi konstipasi seminggu, terus lu minum obat pencahar, terus langsung keluar. LEGA.

QnA

Q : Lu dapet duit dari mana ul?

A : Selagi lu kuliah, lu harus gunain duit kampus sebaik-baiknya, lu bayar kan ke kampus buat kuliah, nah uang yang lu bayar itu pasti ada masuk buat kemahasiswaan kan. Gunain lah uang itu seenggaknya sekali, biar uang yang lu bayar ke kampus balik lagi ke elu, gak mau rugi banget yak gue wkwk. Intinya, duitnya dari kampusss yeeeeyy, tp gak full funded sih. Kalo lu mau full funded bisa dengan cara berjualan di kampus setiap hari, mencari sponsorship di perusahaan, minta negara (?) maksud gue kaya minta ke kementrian-kementrian gitu, dan sebagainyaaaa.

Q : Cerita lanjutannya kapan?

A : Nanti yaa, kalo minat nulis, kalo bisa mah sebelum 2017 berakhir.

Q : Sok ngartis yee elu, pake QnA

A : *akoe tersipoe maloe*

0 comments:

Post a Comment